Manajemen Organisasi

 

PENGERTIAN MANAJEMEN ORGANISASI

 Manajemen Organisasi sendiri terdiri dari dua kata yaitu,   Manajemen dan  Organisasi. Manajemen adalah pengaturan atau cara untuk mrencanakan sesuatu, sedangkan Organisasi sendiri adalah suatu perkumpulan orang deangan tujuan tertentu . Sehingga kalau digabungakan manajemen Organisasi adalah suatu cara atau pengaturan untuk mencapai sebuah tujuan.

Biasanya Manajemen Organisasi  bisa kita temukan di sekolah, masyarakat atau di sebuah perusahaan. Kalau disekolah misalnya  seprti gerakan Pramuka, OSIS dan kegiatan-keagiatan lainnya, kalo dimasyarakat misalnya ORMAS, REMAS atau karang taruna Desa. Dan kalau diperusahaan untuk menggapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Dimana dengan adanya Manajemen Organisasi  diharapak kinerja SDM dari setiap Organisasi dapat efektif dan membentuk kerja sama baik, untuk mencapai sebuah tujuan


MANAJEMEN ORGANISASI MELIPUTI

 

- Perencanaan  (Planning)

Perencanaan  merupakan kegiatan yang penting, karena memang sebuah rencana harus dibuat dengan matang atau sesempurna mungkin, untuk menhindari kesalahan yang akan mendatang, dan bisa menyiapkan planing-planing lain  ketika ada kendala yang terjadi tiba-tiba.

Fungsi perencanaan ini juga mengatur anggaran dari sebuah kegiatan, baik itu kegiatan rutin atau kegiatan yang berkala.

 

- Mengorganisir (organizing)

Mengorganisir in berfungsi memberikan kebijakan yang efektif, sehingga membuat SDM sebuah organisasi dapat mengerjakan dengan baik. Mengorganisir  mengacu kepada kemampuan tiap individu sehingga dapat dikombinasikan untuk hasil yang efisien.

- Pengawasan (Controlling)

  Pengawasan adalah mengawasi pada setiap kegiatan apakah kegiatan yang berlangsung telah dilaksanakan sesuai rencana atau ada yang perlu perubahan rencana ke palaning yang lain yang sudah disiapkan. Pada umumnya pengawasan dilakukan dari awal hingga akhir serta melakukan evaluasi pada setiap kegiatn yang sudah terlaksana.

 

TUJUAN MANAJEMEN ORGANISASI

 

-  Membentuk kerja sama yang baik

Untuk mencapai tujuan  yang sesuai, diperlukan kerja sama yang baik, dengan mengkordinasi antar individu. karena dengan kerja sama yang baik,  semua pekerjaan bisa terlaksana dengan cepat dan tepat,

 

- Menciptakan lingkungan oraganisasi yang nyaman

Karena dengan lingkungan yang nyaman kita bisa menjaga kerja sama yang kondusif

 

- Mencapai tujuan bersama

 

 

RANGKUL PERBEDAAN MASING-MASING, LALU SATUKAN....!      8kaijuu

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SANDI KOTAK 2

Pramuka Penggalang