SANDI MERAH PUTIH

 Mengenal Sandi Merah Putih Pramuka dan Kunci Membacanya

        Keterampilan membaca sandi Pramuka sangat diperlukan dalam kegiatan penyampaian pesan rahasia dengan menggunakan kunci yang disepakati antara anggota Pramuka. Seorang Pramuka harus dapat dipercaya untuk dapat melakukan segala hal, misalnya dalam menyampaikan dan menerima pesan-pesan rahasia. 

        Salah satu sandi yang cukup sering digunakan adalah sandi merah putih Pramuka.Dikutip dari buku Administrasi Membina Pramuka Penggalang yang ditulis oleh Harmasto (2020: 10), penggunaan sandi dalam Kepramukaan dapat membentuk karakter kreatif, ketelitian, kerjasama, dan tanggung jawab setiap anggota. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai sandi merah putih.

Mengenal Sandi Merah Putih

        Sandi sudah ada sejak lama ketika para pahlawan zaman dahulu pergi berkelana dan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk dapat mengecoh/mengelabui lawan atau musuhnya, pahlawan tersebut membuat kata sandi yang hanya diketahui oleh kelompoknya.

        Sandi merah putih Pramuka atau sandi koordinat adalah sandi yang menggunakan kata kunci merah putih yang nantinya akan dibuat urutan alfabetisnya. Misalnya, MERAH PUTIH, maka kata-kata ini yang menjadi kuncinya. Ingat, kata kunci harus dua kata dan jumlah hurufnya 10 buah, masing-masing kata terdiri dari 5 huruf

Berikut adalah contoh kotak alfabetis dari kata MERAH PUTIH pada sandi merah putih.



CONTOH 
GARUDA    = EU MP RI MH AP MP 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SANDI KOTAK 2

Pramuka Penggalang